BLT Dana Desa Tahap Ketiga 2022 Di Kabupaten Simalungun Disalurkan

BLT Dana Desa
Pembayaran BLT Dana Desa Tahap Ketiga Bulan Juli sd September 2022 kepada 89 Keluarga Penerima Manfaat Nagori (Desa) Tiga Bolon Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun, 20 September 2022

ArjunaNews, SIMALUNGUN – BLT Dana Desa adalah kegiatan pemberian  bantuan langsung berupa dana tunai yang bersumber dari Dana Desa kepada keluarga penerima manfaat dengan kriteria yang disepakati dan diputuskan melalui musyawarah Desa.

Sebagaimana diketahui bahwa Dana Desa 2022 difokuskan untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Tujuannya, mengurangi dampak pandemi Covid-19 dan penanganan kemiskinan di desa.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, diprioritaskan untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa dalam rangka mitigasi dan penanganan bencana nonalam, serta mewujudkan desa tanpa kemiskinan.

Sesuai dengan ketentuan, jadwal pembayaran BLT Dana Desa tahap ketiga untuk bulan Juli sd September 2022 di Kabupaten Simalungun mulai disalurkan pada minggu ketiga September 2022 dan diharapkan tuntas pada akhir September 2022. Demikian disampaikan oleh Arjuna (Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Simalungun.

Lebih lanjut, Arjuna menyampaikan bahwa besaran BLT-DD ditetapkan sebesar Rp. 300.000,- untuk bulan pertama sampai dengan bulan kedua belas per keluarga penerima manfaat.

Poin pentingnya adalah jumlah keluarga penerima manfaat BLT-DD bulan kedua sampai dengan bulan kedua belas tidak boleh lebih kecil dari jumlah keluarga penerima manfaat BLT-DD bulan kesatu.

“Jika terdapat keluarga penerima manfaat BLT-DD meninggal dunia atau tidak memenuhi kriteria keluarga penerima manfaat, harus diganti dengan keluarga penerima manfaat yang baru”, tandas Arjuna.