Perangkat Desa Bisa Raih Gelar Sarjana

Perangkat Desa
Dimulai dari Jatim, Perangkat Desa Bisa Raih Gelar Sarjana

Perangkat Desa, Pendamping Desa, pengurus BUM Desa dan Kepala Desa bisa raih gelar Sarjana melalui Program RPL Desa.

Arah kebijakan Perencanaan Pembangunan Desa pada pencapaian SDGs Desa. SDGs Desa merupakan upaya terpadu Pembangunan Desa untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

RPL Desa berkontribusi secara langsung dalam pencapaian SDGs Desa tujuan keempat, Pendidikan Desa Berkualitas; juga tujuan kedelapan, enam belas, tujuh belas dan delapan belas.

Oleh karena itu, kualitas dan kapabilitas perangkat desa untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan terus diupayakan. https://www.unesa.ac.id/rakor-program-rpl-di-unesa-gus-halim-kolaborasi-kunci-kemajuan-desa

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar resmi meluncur program Recognition of Prior Learning atau Rekognisi Pembelajaran Lampau Desa (RPL Desa).

Yaitu penyetaraan akademik atas pengalaman kerja untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi.

Dengan demikian, pengalaman kerja sebagai Kepala Desa, Perangkat Desa, Pendamping Desa, anggota BPD, pengurus BUM Desa dapat disetarakan dengan materi kuliah di universitas dengan berbagai program studi, sehingga mendapat gelar sarjana S1 maupun doktor.

“Bojonegoro adalah daerah pertama, artinya ini bentuk perhatian Bupati Bojonegoro untuk meningkatkan SDM serta didukung atas kerjasama semua pihak,”

Ungkap pria yang akrab disapa Gus Halim itu di Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (20/02/2022).

Berikut panduan RPL Desa

Sumber: Kemendesa PDTT