Nagori Siborna Gelar Pembekalan SDGs Desa

SDGs Desa Nagori Siborna
Pembekalan Tim Pokja Relawan Pendataan Nagori Siborna Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun (06/05)

Nagori Siborna Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun gelar kegiatan pembekalan Pokja Relawan Pendataan Nagori pada hari Kamis, 06 Mei 2021.

Kegiatan sosialisasi dan pembekalan di gelar di Aula Kantor Pangulu (Kepala Desa) dengan menerapkan prokes. Dalam sambutannya, Darwis Sihombing, Pangulu Nagori Siborna menyatakan mendukung program SDGs Desa.

Pendataan SDGs Desa 2021 mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data. Selanjutnya, penggalian pengumpulan dan pencatatan verifikasi dan validasi data dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa. Pendataan SDGs Desa 2021 Untuk Semua Warga

Pembangunan desa dibutuhkan arah yang lebih sesuai kondisi lapangan. Yaitu yang detil atau mikro, mencakup aspek metode, substansi, dan tujuan akhir, serta tertuju pada kawasan yang sangat kecil, sampai pada pemanfaat keluarga atau individu. https://sdgsdesa.kemendesa.go.id/sdgs-desa/

Sosialisasi dan pembekalan ini difasilitasi oleh Pendamping Desa, turut di hadiri pemerintah Kecamatan Panei dan Kabupaten Simalungun.

Pemateri pertama, Ira Sipayung, pemateri Dinas PMPN Kabupaten Simalungun menjelaskan bahwa:

‘Melalui pendataan SDGs Desa akan diketahui data objektif kewilayahan dan kewargaan desa, aset dan potensi desa sebagai bahan rekomendasi penyusunan program kegiatan pembangunan desa”.

Pemateri kedua, tentang teknis pendataan melalui survei dijelaskan oleh Tenaga Ahli Kabupaten Simalungun. Arjuna, mempraktikkan cara pengisian kuesioner sampai penginputan di aplikasi pendataan SDGs Desa.

Tim pokja sangat antusias mengikuti kegiatan dan diakhir sepakat menyusun RKTL penyelesaian pendataan pada akhir bulan Mei 2021.