Daily Report Pendamping Desa Mulai Digunakan

Daily Report Pendamping
Daily Report Pendamping Desa

Daily Report Pendamping Desa, aplikasi pencatatan kegiatan Pendampingan Desa diperuntukkan Tenaga Pendamping Profesional Kemendesa PDTT.

Sesuai intruksi dari supervisor pada tanggal 30 Maret 2021, aplikasi Daily Report mulai digunakan. Masing-masing Tenaga Pendamping Profesional mulai melakukan instal aplikasi tersebut dan login.

Aplikasi ini untuk membuktikan kerja pendampingan desa untuk PLD, Pendamping Desa, TA Kabupaten, TPP Provinsi dan TPP Pusat, dengan tujuan:

Pertama, Media pencatatan aktivitas kegiatan para Pendamping Desa; Kedua, Sarana bagi Kemendesa PDTT untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja Pendamping.

Selanjutnya, Sebagai media penyebaran informasi Kemendesa PDTT kepada Pendamping.

Sejalan dengan Permendesa PDTT Nomor 19 Tahun 2020, bahwa Tenaga Pendamping Profesional sebagai sumber
daya manusia yang memiliki kualifikasi dan kompetensi di bidang pendampingan pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa harus fokus mendukung pencapaian SDGs Desa melalui pendampingan desa.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan, Pendamping Desa merupakan elemen penting dalam pembangunan desa. https://www.kemendesa.go.id/berita/view/detil/3508/gus-menteri-minta-kapasitas-pendamping-desa-harus-ditingkatkan

“Memperkuat Pendamping Desa melalui peningkatan kapasitas” fokus Gus Menteri saat ini.

“Pendamping Desa Bakal Lebih Profesional” Pendmping Desa harus hadir memberikan pendampingan pembangunan desa dan perdesaan. Pendamping Desa Bakal Lebih Profesional

Membuka jalan kerjasama dan kemitraan masyarakat desa, serta dapat memastikan penggunaan dana desa untuk percepatan pencapaian SDGs Desa. Pedoman Umum Pendampingan Masyarakat Desa

Peningkatan kapasitas Pendamping Desa melalui Pelatihan, Pemutakhiran data SDGs Desa, Inkubasi Bumdes dan pengembangan investasi desa lainnya. Selanjutnya, pengembangan produk unggulan desa dan Kerja sama desa.

Penggunaan Aplikasi Daily Report

Pertama, Lakukan instal aplikasi di Play Store pada link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=kemendes.pendamping.diary kemudian login menggunakan NIK yang sudah terdaftar di Kemendesa PDTT sebagai Username dan pasword.

Daily Pendamping
Daily Report Bukti Kerja Harian dan Kinerja Bulanan Pendamping Desa

Kegiatan pendamping diisi mulai Januari sd Maret, dan pada hari berikutnya. Aplikasi Daily Report disambut antusias Tenaga Pendamping Profesional, dengan berbagai tanggapan.

Mengingat sebelumnya sudah ada aplikasi Laporan Harian. Semoga Kemendesa PDTT segera menerbitkan surat intruksi beserta petunjuknya.

“Instal dulu aplikasinya dan login” selanjutnya supervisor membimbing secara berjenjang.

Sebagai Anak Kandung Kemendesa PDTT, Pendamping desa tetap berdedikasi mengakselerasi membangun desa, melalui aplikasi ini akan memotivasi kinerja. ucap Aprizal Damanik, PDP Kabupaten Simalungun pada selasa sore (30/03/2021).

#SalamSDGsDesa No One Left Behind @admin