TPP Entrepreneur Mendukung SDGs Desa

TPP Entrepreneur

TPP Entrepreneur mendukung SDGs Desa Sustainable Development Goals Desa

“Untuk pencapaian SDGs Desa mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat, perlu peran Tenaga Pendamping Profesional berjiwa Entrepreneur sebagai fasilitator dan motivator”

Selanjutnya, pemberdayaan masyarakat berbasis entrepreneur akan mengembangkan potensi dan sumber daya di Desa berdasarkan esensi masalah dan kebutuhan prioritas.

Sulistiyani (2004) menjelaskan lebih rinci bahwa secara etimologis pemberdayaan berasal dari kata dasar “daya” yang berarti kekuatan atau kemampuan.

Pada hakekatnya pemberdayaan adalah suatu proses dan upaya untuk memperoleh atau memberikan daya, kekuatan atau kemampuan kepada individu dan masyarakat.

Ketidakberdayaan masyarakat secara sosial dan ekonomi menjadi salah satu ganjalan bagi masyarakat untuk berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan sesama saudaranya yang telah berhasil.

Untuk menjadi berdaya, strategi untuk membangun kemampuan dan kemandirian masyarakat. Tidak hanya sebatas untuk meningkatkan kemampuan atau kapasitas dari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tetapi juga untuk membangun jiwa kemandirian masyarakat agar berkembang dan mempunyai motivasi yang kuat dalam berpartisipasi dalam proses pemberdayaan.

Selanjutnya, peran TPP Entrepreneur sebagai pendamping sebagai fasilitator dan motivator mendampingi masyarakat desa mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan. https://sdgsdesa.kemendesa.go.id/sdgs-desa-nomor-8-pertumbuhan-ekonomi-desa-merata/

Pertumbuhan ekonomi yang disertai pemerataan hasil pembangunan menjadi salah satu tujuan SDGs Desa, di antaranya dengan cara menciptakan lapangan kerja yang layak, serta membuka peluang ekonomi baru bagi semua warga desa.


#TPP_Entrepreneur