Pendataan SDGs Desa 2021 Untuk Semua Warga

Pendataan SDGs 2021
Pendataan SDGs Desa 2021 oleh Pokja Relawan

Pendataan SDGs Desa 2021 ialah mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data. Proses penggalian pengumpulan pencatatan verifikasi dan validasi data SDGs Desa dilaksanakan oleh Kelompk Kerja Relawan Pendataan Desa.

Dalam konteks pembangunan desa, dibutuhkan arah pembangunan yang lebih sesuai kondisi lapangan. Yaitu yang detil atau mikro, mencakup aspek metode, substansi, dan tujuan akhir, serta tertuju pada kawasan yang sangat kecil, sampai pada pemanfaat keluarga atau individu.

Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan berposisi mengisi segenap kebutuhan tersebut. Kini, Indonesia menterjemahkan sampai pada level desa menjadi SDGs Desa. Sustainable Development Goals Desa

Berdasarkan pengalaman penyusunan data mikro by name by address untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, yaitu 8 juta keluarga pemanfaat hanya dalam waktu 2 bulan. Mendata dari desa adalah satu-satunya kesempatan untuk memutakhirkan data mikro.

Tujuan pendataan SDGs Desa ialah: Pertama, Menyusun Pokja Relawan Pendataan Desa; Kedua, Memutakhirkan data pada level desa, rukun tetangga, keluarga dan warga; Ketiga, Menganalisis data sesuai kaidah SDGs Desa; dan selanjutnya Keempat, Merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis.

Hasil pemutakhiran data SDGs Desa terangkum dalam SID pada laman https://www.kemendesa.go.id/sid/

Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa

Pemutakhiran data SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

Pihak yang terlibat dalam proses pemutakhiran data SDGs Desa ialah Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa, pemerintah daerah kabupaten/kota, pemerintah daerah provinsi, dan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi. https://kemendesa.go.id/berita/view/detil/3603/gus-menteri-minta-kades-bentuk-tim-relawan-pemutakhiran-data-desa-berbasis-sdgs-desa

Selanjutnya, Pokja Relawan Pendataan Desa peran masing-masing pihak ada pada SOP.

Pelaksanakan mulai tanggal 1 Maret 2021 sampaidengan 31 Mei 2021. Data SDGs Desa kepemilikan desa, pendataan dengan metode sensus partisipatoris.

Peoses Pendataan SDGs Desa

Proses pendataan SDGs desa melalui tahapan sebagai berikut: Kepala desa menerbitkan Surat Keputusan Pokja Pendataan Desa. Untuk mendapatkan username dan password aplikasi android input SDGs Desa, maka Kepala desa menyerahkan daftar Pokja Pendataan Desa.

Berikut contoh format SK Tim Pokja Relawan Pendataan Desa

Daftar pokja bentuk MS Excel kepada PLD, secara berjenjang menyampaikan kepada pendamping desa, TA kabupaten/kota, TA provinsi, kemudian mengirimkan ke email

pusdatin@kemendesa.go.id

Seluruh Pokja Relawan Pendataan Desa melakukan pelatihan secara daring (online) pada laman https://kemendesa.go.id/sid/ menu Akademi Desa 4.0 https://akademidesa.kemendesa.go.id/ . Selanjutnya, pelatihan mandiri dilakukan secara luring bersama pendamping desa.

Seluruh Pokja Relawan Pendataan Desa mendownload aplikasi Pendataan SDGs Desa pada Google Playstore dengan nama Pendataan SDGs Desa, atau klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kemendes.survey

Selanjutnya kuesioner survey dapat diunduh dibawah ini

Pendataan desa didanai Dana Desa, dan dapat diperluas dengan sumber-sumber pendanaan yang sah. Seluruh data digunakan untuk keperluan beragam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

#SalamSDGsDesa @admin