Perkuat SDM Desa Melalui Afirmasi Pendidikan

SDM Desa
Kemendes Gandeng Kemendagri dan Kemdikbud Perkuat SDM Desa

ArjunaNews, Jakarta – Perkuat SDM Desa, Kementerian Desa PDTT bersama 5 Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Perguruan Tinggi untuk Desa (Pertides) telah bersepakat untuk perkuat sinergitas perguruan tinggi.

Dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan membangun afirmasi pendidikan tinggi bagi Kepala Desa, Perangkat, BPD dan Pendamping Desa.

Kesepakatan itu tertuang dalam Naskah Kesepahaman Bersama yang ditandatangani Sekjen Taufik Madjid bersama Rektor 5 perguruan tinggi Selasa (9/2). https://kemendesa.go.id/berita/view/detil/3608/afirmasi-pendidikan-bagi-kades-kemendes-sinergi-dengan-lima-kampus

Adapun kelima perguruan tinggi tersebut yakni Universitas Negeri Surabaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Selanjutnya, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, IAIN Purwokerto, dan Universitas Negeri Padang.

Ruang lingkup dalam kerjasama tersebut, Pertama meliputi kerjasama di bidang Pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia.

Taufik menyampaikan, arah pembangunan perdesaan bertumpu pada pencapaian 18 tujuan SDGs Desa yang mampu berkontribusi 74% pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. 

Pencapaian ini tentunya memerlukan SDM yang berkualitas dan berdaya saing, komitmen dari seluruh pemangku kepentingan, serta kerjasama multi sektor khususnya dukungan dari Perguruan Tinggi.

“Tentunya dalam penandatanganan hari ini, merupakan satu langkah maju dalam upaya peningkatan peran kampus-kampus pendidikan tinggi yang ada di Indonesia.

MOU Tiga Menteri

Melalui program Kampus Merdeka untuk desa, akan ditandatangani MoU tiga Menteri diharapkan dapat memperluas jejaring kemitraan dalam mengoptimalkan program-program pembangunan desa dan perdesaaan di Indonesia,

Penandatangan Kesepahaman Bersama Ketiga Menteri antara Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dengan Mendagri Tito Karnavian dan Mendikbud Nadiem Makarim

Adalah tentang Kesinergian Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa, serta Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal dan Kawasan Transmigrasi.

Taufik juga mengharapkan Pertides dapat menunjukkan kontribusinya dalam pencapaian target-target SDGs desa yang pada akhirnya bermuara pada tercapainya SDGs Nasional.

“Melalui kerjasama ini dapat terbangun sinergitas perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Perguruan Tinggi untuk Desa (PERTIDES)”

Implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan membangun afirmasi pendidikan tinggi bagi Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan Pendamping Desa.

#DesaMembangunIndonesia