79 Persen DD 2020 Simalungun Sudah Cair

Korkab TPP Simalungun

ArjunaNews, SIMALUNGUN – 79 Persen DD 2020 di Kabupaten Simalungun sudah cair ke Rekening Desa. Dalam rangka menjalankan amanat Undang – Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Pemkab Simalungun terus berupaya membina dan mengawasi pemyelenggaraan pemerintahan nagori dengan pendampingan pemantauan Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan.

Oleh karena itu, Pemkab Simalungun melalui Dinas PMPN bekerjasama dengan Pendamping terus memfasilitasi percepatan pembangunan perdesaan.

Menurut Arjuna, Koordinator TPP P3MD Kabupaten Simalungun;

“bahwa Pemerintah Kabupaten Simalungun sangat mendukung program Presiden Jokowi dalam mengembnagkan Sumber Daya Manusia masyarakat desa dan memberdayakan ekonomi masyarakat desa. Sampai hari ini 79 persen DD 2020 sudah masuk RKDesa”.

“Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Tenaga Pendamping Profesional di Kabupaten Simalungun bersinergi dalam mendukung dan melaksanakan program-program prioritas Kemendes PDTT”.

Hal itu untuk percepatan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat nagori (desa)”, tandas Arjuna. BLT Dana Desa Bulan Pertama Di Kabupaten Simalungun Tuntas Disalurkan Kepada 36.459 KPM

Khusus tahun 2020 ini, dalam upaya pencegahan dan penanganan dampak Covid19, anggaran Dana Desa diguankan untuk membantu masyarakat desa mulai dari kegiatan Padat Karya Tunai (PKTD).

Kemudian kegiatan Desa Tanggap Covid19, dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) sesuai Peraturan Menteri Desa PDTT tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.  

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan Pelayanan Sosial Dasar seperti pencegahan Stunting dan  Rumah Desa Sehat serta Posyandu maupun PAUD,

Selanjutnya eningkatan Kapasitas SDM Masyarakat Nagori seperti Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Pengurus Badan Usaha Milik Nagori (BUMNag). KEGIATAN PADAT KARYA TUNAI DESA DI KABUPATEN SIMALUNGUN MEMBANTU MASYARAKAT TERDAMPAK COVID19

Kemudian Arjuna menambahkan bahwa Anggaran Dana Desa Kabupaten Simalungun Tahun 2020 sebesar Rp 294,518,231,000 yang dialokasikan untuk 386 nagori (desa).

Progres pencairan Dana Desa menunjukkan kinerja terbaik pada tahun ini, dimana pada awal  bulan Juli 2020 sudah sekitar 79 % dicairkan Rekening Kas Desa.

Dan saat ini sedang mempersiapkan perencanaan pembangunan nagori Tahun 2021 dengan mempersiapkan regulasi yang dibutuhkan dalam fasilitasi proses perencanaan tersebut. https://www.kompasiana.com/p3md/5e65a4f7097f365a7361bfb2/dana-desa-2020-di-simalungun-cair