Pendamping Desa Simalungun Harus Bersinergi

Rakor Pendamping
Rapat Koordinasi P3MD Kabupaten Simalungun di Gedung PKK Pematang Raya, 11/03/2020

ArjunaNews, SIMALUNGUN –  Pendamping Desa Simalungun harus bersinergi, inilah hasil Rakor P3MD Kbupaten simalungun. Pendampingan Masyarakat Desa adalah kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui asistensi, pengorganisasian, pengarahan, dan fasilitasi Desa.

Dalam rangka meningkatkan kinerja pendampingan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (PMPN) Kabupaten Simalungun bersama Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Simalungun menggelar Rakor.

Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) pada Rabu 11 Maret 2020 di Gedung PKK Pemkab Simalungun.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap bulan itu dibuka oleh Kepala Dinas PMPN Kabupaten Simalungun yang diwakili Sekretaris Dinas Roganda Sihombing, AP. MSi. Turut hadir Kepala Bidang PEMNAG Robert Kenedi Silalahi, SE. MSi, Tenaga Ahli P3MD seperti Arjuna, Pantas Pangaribuan, Saipul Bahri, Royani Harahap dan Obby Syahri Pohan.

Dalam arahannya Sekretaris Dinas PMPN meminta kepada Pendamping Desa meningkatkan sinergitas program dan kegiatan nagori, serta meningkatkan kapasitas pemerintahan nagori.

“Saya meminta kepada Pendamping Desa di Kabupaten Simalungun untuk bersinergi, membantu dan memberdayakan Nagori, sesuai dengan prinsip pendampingan”

“membantu Desa (Nagori) tanpa menggantikan peran dan tanggung jawab pihak yang didampingi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Nagori”.

Tugas kita sebagai pendamping memang berat, dengan seinergitas dan kesolidan diharapkan dapat mempercepat program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Nagori”,

Pinta Roganda kepada Pendamping Desa.

Dalam rangka pembinaan dan pengendalian tenaga pendamping professional, di Kabupaten, OPD yang membidangi pemberdayaan masyarakat desa bertugas dan berwenang untuk mengoordinasikan pendamping profesional dengan stakeholder di wilayahnya, termasuk melakukan pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap Pendamping Profesional.

Untuk itu Dinas PMPN Simalungun bekerjasama dengan Tenaga Ahli melakukan pembinaan dan pengendalian Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa termasuk menggelar rapat koordinasi.

Dalam kesempatan itu Kepala Bidang PEMNAG Dinas PMPN Simalungun memyampaikan materi “Progres Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahap I 2020”. DD Tahap I 2020 40% Percepat Pembangunan

Turut menyampaikan materi Tenaga Ahli mensosialisasikan hasil Rakor P3MD Sumatera Utara yang digelar di Medan pada 2-5 Maret 2020 yang lalu. Peserta Rakor yang dihadiri oleh PDP dan PDTI se Kabupaten Simalungun sangat antusias.

Rakor selesai pada pukul 16.00 Wib diakhiri dengan membacakan RKTL oleh Arjuna, Koordinator TPP Simalungun sekaligus menutup secara resmi. https://www.kompasiana.com/p3md/5e65a4f7097f365a7361bfb2/dana-desa-2020-di-simalungun-cair