Inovasi Pembibitan Ikan Nila Unggul Kawin Silang

Ikan Nila
Pembibitan Ikan Nila Unggul Nagori (Desa) Bandar Malela Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun

Ringkasan

Sejak tahun 1994 dimulai pembibitan ikan mas yang dirintis oleh masyarakat nagori Bandar Malela seperti pada umumnya. Namun atas dasar tingginya permintaan pasar Sumatera Utara, saat ini lebih fokus pada Inovasi Pembibitan Ikan Nila unggul.

Latar Belakang

Latar Belakang Kabupaten Simalungun yang kaya akan sumber air menjadi acuan untuk pembibitan ikan. Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu komoditas penting perikanan air tawar Indonesia.

Tingginya permintaan pasar akan bibit ikan nila unggul membuat peningkatan pendapatan masyarakat. Mudahnya melakukan perawatan bibit ikan nila dengan sistem perkawinan silang antar bibit unggul.

Inovasi

Dalam perkembangannya, kegiatan budidaya nila lebih diarahkan pada program pemuliaan yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas benih.

Untuk menghindari hasil panen ikan nila yang mengalami stunting, maka masyarakat lebih mengutamakan perkawinan silang induk ikan nila dari berbagai jenis ikan nila unggul secara alami. https://kemendesa.go.id/berita/view/detil/2680/program-inovasi-desa-beri-andil-dalam-turunkan-angka-kemiskinan

Proses

Belajar dari pengalaman, membaca buku dan berbagai referensi lain mengenai pembibitan ikan Mengikuti pelatihan dari BBPT di Sukabumi pada tahun 1997 lalu menerapkan ilmu yang diperoleh serta mensosialisasikan kepada masyarakat nagori Bandar Malela.

Yusuf Anwar
Yusuf Anwar Saragih (Pangulu (Kepala Desa) Bandar Malela)

Hasil

Inovasi Pembibitan Ikan Nila Meningkatkan produktifitas bibit ikan nila unggul sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melayani permintaan pasar dari berbagai daerah wilayah kabupaten Simalungun.

Pembelajaran

Nila dengan beragam jenisnya merupakan salah satu komoditi perikanan air tawar yang berprospek cerah, karena memiliki nilai jual yang setara dengan ikan konsumsi lainnya.

Kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan sumberdaya alam dan minat belajar yang tinggi menjadi salah satu sumber penghasilan.

Rekomendasi

Keterlibatan BUMNag dalam pengelolaan usaha harus dioptimalkan, sehingga dapat berkontribusi dalam Pendapatan Asli Desa. Direktur PMD M. Fachri: “INOVASI DESA PERCEPAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT”

Kontak Informasi

Yusuf Anwar Saragih 0852 6148 3434 (Pangulu)

Bakti Irwansyah 0823 6779 9976 (Narasumber)

Ryan Azhari Saragih 0812 6541 9004 (PLD)