Pelestarian Situs Sejarah “KERAMAT KUBAH” Perdagangan Sebagai Objek Wisata Budaya

Situs Sejarah Keramat Kubah

Ringkasan

Setiap daerah mempunyai peristiwa sejarah tersendiri, begitu juga dengan Nagori (Desa) Perdagangan II Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun banyak menyimpan peristiwa sejarah. Peninggalan dan tanda-tanda yang menujukan pada jejak masa lalu ditandai dengan adanya situs sejarah yakni berupa fosil, artefak, dokumentasi, situs dan bangunan. Karena keberadaan Situs Keramat Kubah di Perdagangan II menjadi salah satu daya tarik peminat pengunjung untuk mengunjungi cagar budaya tersebut. Fungsi dari situs Keramat Kubah ini sebagai tempat bernazarnya masyarakat yang ingin bernazar ataupun berdoa. Awalnya situs Keramat Kubah kurang mendapat perhatian karena lahan yang ada pada situs Keramat Kubah ini adalah milik warga keturunan Damanik.

Pemerintah Nagori Perdagangan II mulai berinovasi dalam upaya pelestarian situs bersejarah tersebut. Kondisi Keramat Kubah ini sudah baik karena sudah ada perbaikan perbaikan mulai dari jalan, jembatan dan bangunan lainnya yang telah direhap dan diharapkan kedepan menjadi objek wisata budaya dan religi.

Latar Belakang

Dari beberapa daerah yang ada di Kabupaten Simalungun yang khususnya di Kecamatan Bandar ada beberapa situs bersejarah. Hal ini dapat dibuktikan dari adanya benda Cagar Budaya yang masih terlihat jelas di Kecamatan Bandar, seperti adanya bangunan Altar yang difungsikan untuk bernazar sampai saat ini, adanya tugu yang dahulunya adalah sebuah pohon yang tempat tinggalnya Ompu Datu Parulas Parultop, dan Air sakti. Keadaan pada situs bersejarah di Nagori (Desa) Perdagangan II. Situs-situs bersejarah ini sangatlah penting dan sangat berharga di karenakan situs-situs sejarah ini adalah saksi sebuah lahirnya suatu peristiwa sejarah di Kabupaten Simalungun hal ini perlu diperhatikan dan ditumbuhkan kembali nilai-nilai penting dari situs-situs tersebut (cagar budaya), agar tidak hancur, dan situs tersebut dapat dijadikan suatu kenangan peninggalan masa lalu

Inovasi

Melestarikan situs sejarah cagar budaya sekaligus mengembangkan desa wisata. Melalui inovasi ini diharapkan akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan meningkatkan kualitas infrastruktur pendukung.

Proses

  • Upaya pelestarian situs sejarah Keramat Kubah sebagai cagar budaya dengan miningkatkan nilai estetika alam sekitar sebagai objek wisata.
  • Mengajak seluruh kalangan masyarakat khususnya pemuda pemudi untuk ikut serta mengembangkan dan mengeksplorasi serta mengenalkan potensi alam yang ada di Nagori Perdagangan II.
  • Melaksanaan kegiatan pembinaan dari pihak terkait kepariwisataan kepada masyarakat tentang pemahaman cara pengelolaan pariwisata.
  • Membangun sarana atau fasilitas pendukung lainnya di titik-titik yang stretagis.
  • Menyiapkan tempat untuk para pedagang dan tempat berselfie para pengunjung atau wisatawan yang datang. https://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2018/06/18/40820/wisata_alam_kuba_pandan_simalungun_ramai_dikunjungi_wisatawan/

Hasil

Situs sejarah keramat kubah Nagori Perdagangan II Kecamaatan Bandar Kabupaten Simalungun sudah terpublikasi diberbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara (luar negeri).  Keberadaan Keramat Kubah sebagai peninggalan sejarah tetap terpelihara dan terlindungi. Fungsi dari situs Keramat Kubah ini sebagai tempat bernazarnya masyarakat yang ingin bernazar ataupun berdoa telah diinovasikan sebagai objel wisata budaya dan religi. Kehadiran potensi alam disekitar situs sejarah keramat kubah menghasilkan rezeki bagi masyarakat sekitar.

Pembelajaran

Cagar Budaya merupakan kekayaan budaya bangsa sebagai wujud pemikiran dan prilaku kehidupan manusia yang penting bagi pemahaman dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, sehingga perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat melalui upaya perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan dalam rangka memajukan kebudayaan Nasional untuk kemakmuran rakyat. Dengan adanya inovasi pelestarian situs sejarah keramat kubah sebagai objek wisata budaya masyarakat setempat bisa menjaga dan memelihara serta memanfaatkan potensi alam. Dari sisi lain, pengembangan desa wisata akan mendorong pengembangan sektor-sektor lain baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Dibagi 7 Klaster, Bursa Pertukaran Inovasi Desa Kabupaten Simalungun Serentak 18 Oktober 2019

Rekomendasi

Diharapkan tidak hanya keluarga keturunan saja yang mengelola situs sejarah keramat kubah, selain pemerintah nagori Perdagangan II dibutuhkan keterlibatan peran pemerintah khsusnya Dinas Pariwisata untuk membantu pengelolaan dan pengembangannya

TPID Kecamatan Bandar

Kontak Informasi

  • Andi Azwan Damanik, SP (Kepala Desa Perdagangan II) : 081367098577
  • Rica Daniaty Sihite, SE (Ketua TPID Kecamatan Bandar) : 085262899722