Pelatihan Inovasi PSDM Oleh TPID Mulai Besok

Pelatihan Inovasi PSDM
Arjuna, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Simalungun

ArjunaNews, SIMALUNGUN – Pelatihan Inovasi PSDM bagian dari program pencegahan penanganan stunting telah menjadi agenda nasional, dimana semua pihak untuk terlibat.

Berbagai program telah dikembangkan oleh Pemerintah untuk menangani permasalahan stunting. Pencegahan dan penanganan stunting menuntut adanya konvergensi pengelolaan kegiatan, program, dan layanan.

Ditjen PPMD Kemendesa PDTT melalui Direktorat PSD dan Direktorat PMD, mengarahkan dukungannya atas pencegahan dan penanganan stunting ini. Desa perlu mengambil peran besar, sekaligus bertanggungjawab atas terjadinya konvergensi layanan pencegahan stunting.

Untuk mewujudkan harapan terebut, dipandang perlu dibentuk Kader Pembangunan Manusia sebagai bagian dari tim KPMD yang mendapatkan tugas khusus.

Bentuk dukungan Direktorat PMD melalui pelaksanaan Progam Inovasi Desa dengan upaya peningkatan kapasitas desa dalam kegiatan Pengelolaan Pengetahuan.

Dengan fokus pada bidang Pengembangan Ekonomi Lokal dan Kewirausahaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Infrastrukur Desa. https://mudanews.com/sumatera-utara/2019/10/27/pelatihan-inovasi-pengembangan-sdm-diselenggarakan-tpid-se-simalungun-besok/

Demikian disampaikan oleh Arjuna, Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif Kabupaten Simalungun pada Minggu 27 Oktober 2019 di Pematangsiantar. Tim Inovasi Kabupaten Simalungun Gelar Rakor

Arjuna, menambahkan: “Pengembangan SDM, dimaksudkan agar masyarakat desa-desa memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk peningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan”

Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) sebagai pelaksana Program Inovasi di kecamatan mengelola kegiatan inovasi pengembangan sumber daya manusia.

Adapun kegiatan berupa peningkatan kapasitas (pelatihan) inovasi pengembangan sumber daya manusia.

Koordinator Fasiltasi PID Obby meyampaikan bahwa Pelatihan Inovasi PSDM akan diselenggarakan oleh TPID se Kabupaten Simalungun serentak selama sepekan.

Kegiatan mulai tanggal 28 Oktober sd 2 Nopember 2019 di masing-masing kecamatan. per hari 6 kecamatan “Persiapan sudah matang, kami baru saja rapat pada sabtu sore dengan TIK Simalungun” ucap Obby.

Sebagaimana diketahui TA P3MD PID Kabupaten Simalungun memfasilitasi TIK dalam persiapan Pelatihan Inovasi Pengembangan SDM yang akan diselenggarakan oleh TPID.

Rapat persipan dipimpin Kabid UEM dan TTG Erida Lindawati Samosir, turut hadir Kabid PEMNAG Robert Kenedy Silalahi, juga Tenaga Ahli Kabupaten.

#SalamInovasi