Melalui BID Klaster 2 Simalungun, 48 Nagori Berkomitmen Replikasi Kegiatan Inovatif

BID Klaster 2
TPPI Kabupaten Simalungun Pemandu BID Klaster 2

ArjunaNews, SIMALUNGUN – Bursa Pertukaran Inovasi Desa (BID) Klaster 2 Kabupaten Simalungun terselenggara dengan baik, forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa sekaligus sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan inovasi Desa dilaksanakan pada hari Jumat 18 Oktober 2019 di Balai Karya Murni Perdagangan Kecamatan Bandar. Dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas PMPN Kabupaten Simalungun bapak Roganda Sihombing, AP. MSi.

Turut hadir Kasi UEM Mega Sipayung, TA-PP P3MD Arjuna, para Camat, Kormil, Kapolsek, Tokoh Masyarakat, LSM dan Pegiat Desa. Juga peserta bursa dari nagori pada Klaster 2 yaitu Kecamatan Bandar, Kecamatan  Pematang Bandar, Kecamatan Bandar Masilam, Kecamatan Bosar Maligas, dan Kecamatan Ujung Padang. Sementara dari undangan turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Simalungun dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara. Dokumentasi BID Klaster 2 Simalungun 2019

Kegiatan BID klaster 2 diawali dengan laporan panitia yang disampaikan oleh Jufri, bahwa BID kalster 2 diikuti oleh 70 Nagori di 5 Kecamatan. Sekretaris Dinas PMPN Kabupaten Simalungun yang juga anggota Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Simalungun dalam arahannya menyampaikan bahwa BID merupakan media belajar bagi masyarakat dan Pemerintah Desa (Nagori) untuk memperoleh informasi (referensi) yang dapat mendukung pembangunan Desa. https://mudanews.com/ekononomi-bisnis/2019/10/19/melalui-bid-klaster-2-simalungun-48-nagori-berkomitmen-replikasi-kegiatan-inovatif/

Panitia BID
TPID Panitia BID Klaster 2

Penjelasan singkat mekanisme Bursa Pertukaran Inovasi disampaikan oleh Arjuna, TA-PP P3MD Kabupaten Simalungun, “Program Inovasi Desa bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai amanat Undang-undang Desa. BID dilaksanakan untuk membantu Desa dalam meningkatkan kualiatas kegiatan-kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang akan didanai oleh Dana Desa dengan menyajikan inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan-kegiatan bagi pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat yang dinilai inovatif dan terbukti berhasil” terang Arjuna.

Setelah pemutaran video hasil capturing, peserta dipandu ke truang bursa untuk pertukaran pengetahuan, mendapat referensi kegiatan pembagunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang inovatif, serta menjaring inovasi lain dan menjaring komitmen replikasi diakhiri dengan pengisian  Kartu Komitmen dan Kartu Inovasi Desaku (IDE).

Berdasarkan data panitia BID, kartu komitmen yang terjaring pada Bursa Pertukaran Inovasi Klaster 2 Simalungun sebanyak 48 Nagori berkomitmen untuk mengadopsi Inovasi pada menu yang tersedia dari berbagai kegatan Infrastruktur, Kewirausahaan/ Ekonomi), dan Sumber Daya Manusia. Pada sesi terakhir, setelah panitia melaporkan rekapitulasi hasil BID, kegiatan ditutup secara resmi oleh Camat Bandar selaku tuan rumah kegiatan BID Klaster 2.

#SalamInovasi