Bursa Inovasi Desa Simalungun Serentak 7 Klaster

Bursa Inovasi Desa Simalungun
TA P3MD Simalungun (Arjuna) dan Camat Bandar (Amon Charles Sitorus, SSTP, MSi) menghadiri Rapat Persiapan BID Klaster 2 Kabupaten Simalungun di Kantor Camat Bandar, 16 Oktober 2019

ArjunaNews, SIMALUNGUN – Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas PMPN akan menyelenggarakan Bursa Pertukaran Inovasi atau yang dikenal dengan Bursa Inovasi Desa merupakan tahapan dari pelaksanaan PID pada 18 Oktober 2019.

Pelaksanaan Bursa ini bagian penting PID, sebagai ruang untuk pertukaran pengetahuan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dinilai inovatif.

Melalui BID, Desa medapatkan referensi bagi kegiatan pembangunan yang menggunakan dana desa. Luasnya wilayah Kabupaten Simalungun dan banyaknya jumlah Desa, untuk efektivitas pelaksanaan BID, dibagi dalam 7 (tujuh) Klaster. Melalui BID Klaster 2 Simalungun, 48 Nagori Berkomitmen Replikasi Kegiatan Inovatif

Menurut Arjuna, Tenaga Ahli P3MD Simalungun saat menghadiri rapat persiapan BID Klaster 2 Rabu (16/10) di Kantor Camat Bandar.

“Bursa Pertukaran Inovasi Desa Kabupaten Simalungun TA 2019 dibagi dalam 7 klaster agar pelaksanaan lebih efektif”.

Hal ini karena Bursa Inovasi Desa merupakan media pertukaran pengetahuan terkait kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dinilai inovatif.

Berdasarkan hasil Rapat Tim Inovasi Kabupaten dan Tim Pelaksana Inovasi Desa memutuskan BID dibgai dalam 7 (tujuh) kalster sebagai berikut:

Pertama, Klaster 1 dipusatkan di Tiga Runggu Kecamatan Purba, Klaster 2 di Perdagangan Kecamatan Bandar, Klaster 3 di Sarimatondang Kecamatan Sidamanik,

Selanjutnya, Klaster 4 di Pematang Raya Kecamatan Raya, Klaster 5 di Gedung MUI Jln Asahan Kecamatan Siantar, Klaster 6 di Serbelawan Kecamatan Dolok Batunanggar, Klaster 7 di Bayu Bagasan Kecamatan Tanah Jawa. https://www.kompasiana.com/p3md/5da72ff80d823051b04949c2/dibagi-7-klaster-bursa-pertukaran-inovasi-desa-kabupaten-simalungun-serentak-18-oktober-2019

BID Klaster 2

Khusus Klaster 2 terdiri dari 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Bandar, Pematang Bandar, Bosar Maligas, Bandar Masilam, dan Ujung Padang.

Camat Bandar Amon Charles Sitorus memberikan arahan kepada panitia BID klaster 2.

“Melalui BID ini diharapkanmenghasilkan output, terutama dalam menghadapi era revolusi industri dibutuhkan nagori yang inovatif untuk mensejahterahkan masyarakat” ucapnya.

Bursa Pertukaran Inovasi diharapkan semakin banyak komitmen desa untuk mereplikasi kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat melalui “Kartu Komitmen”.

#SalamInovasi #PID2019