Panduan Capturing atau Penangkapan Inovasi

Panduan Capturing atau Penangkapan Inovasi
Panduan Capturing atau Penangkapan Inovasi

Panduan Capturing atau Penangkapan Inovasi dalam Program Inovasi Desa sebagai berikut:

Proses langkah demi langkah dalam penangkapan pengetahuan inovatif untuk menghasilkan dokumen pembelajaran

  • Identifikasi:

Adalah langkah yang pertama, dan mungkin paling penting, tapi juga paling sulit. Langkah ini mengidentifikasi inovasi apa yang layak ditangkap, berdasarkan pada sederet kriteria inovasi.

Tantangan terbesar adalah dalam memformulasikan pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang potensi yang dimiliki desa atau permasalahan yang dihadapi sekelompok pemangku kepentingan di suatu desa, antara lain dalam upaya membuat keputusan atau menata sebuah situasi ekonomi politik yang ditemukan terkait masalah pembangunan.

  • Capturing:

Adalah proses pendokumentasian dan penulisan pengetahuan implisit, pengalaman seseorang atau sekelompok masyarakat yang biasanya tidak didokumentasikan dalam bentuk literatur atau publikasi, dan berdasarkan pada kejadian nyata di mana ada keterlibatan pemangku kepentingan, yakni Pemerintah Desa dalam konteks PID.

Pada langkah ini, akan diperkenalkan aktivitas dan teknik yang paling efektif dan umum dalam menangkap inovasi, yakni melalui wawancara, untuk dapat menangkap pengalaman operasional yang menghasilkan solusi atau jawaban yang inovatif bagi suatu permasalahan atau tantangan operasional dalam pembangunan desa.

Peserta pelatihan atau para calon penangkap pengetahuan mendapatkan pelajaran tentang perangkat media, cara merekam wawancara dengan perlengkapansederhana seperti telepon genggam, dan menyuntng audio dan video untuk menghasilkan sebuah aset pengetahuan yang ringkas dan menarik.

  • Verifikasi:

Langkah ini memberikan berbagai opsi dan perangkat untuk menilai kualitas dan ketepatan pengetahuan serta informasi yang telah ditangkap sehingga dapat didiseminasikan.

Verifikasi adalah proses berkelanjutan, untuk tujuan pedagogi, dapat dilakukan di setiap langkah untuk memastikan bahwa pengetahuan yang telah ditangkap sesuai dengan kenyataan yang ada dan tidak bertentangan dengan norma atau hukum yang berlaku (tingkat nasional, daerah, maupun adat).

  • Formatting:

Adalah langkah terakhir untuk mendapatkan sebuah aset pengetahuan yang tuntas dan berkualitas agar dapat menjadi bagian dari sebuah perpustakaan besar aset pengetahuan PID.

Memformat mengharuskan kita mengatur isi dokumen sehingga dapat dicari dan ditemukan di sistem informasi. https://risehtunong.blogspot.com/2017/11/pengertian-capturing-dalam-inovasi-desa.html

  • Pengemasan:

Adalah sebuah langkah tambahan yang mengubah aset pengetahuan, atau dokumen pembelajaran, menjadi produk pengetahuan dan pembelajaran, seperti materi publikasi, presentasi, riset, pelatihan, dsb.

Pengemasan yang dimaksud di sini adalah untuk tujuan pembelajaran, bukan untuk bahan promosi.

Format dokumen pembelajaran
No. Segmen/ Bagian Isi
1. Judul Kegiatan Inovasi Singkat dan jelas
2. Ringkasan Umum Ulasan ringkas tentang kegiatan yang telah dilakukan; maksimal 2 paragraf singkat atau 6-10 baris
3. Tantangan dan latar belakang masalah Hal-hal yang mendorong dibuatnya inovasi, misalnya karena kondisi & letak geografis, sosial, ekonomi yang sulit; Jelaskan situasi di lokasi tersebut sebelum ada kegiatan dan sesudahnya; kapan kegiatan tersebut dilaksanakan; mendapat rujukan informasi dari mana; dsb.
4. Solusi/ Inovasi yang dijalankan Inovasi yang dilakukan sebagai solusi atau menjawab tantangan/masalah di nomor 3
5 Proses/ langkah demi langkah penyelesaian masalah/tantangan Secara rinci, langkah-demi langkah proses yang dilakukan mulai dari munculnya ide inovasi (seperti diskusi, musyawarah, kunjungan, dsb.), tahapan persiapan dan aksinya (pelaksanaan) Tokoh/pihak-pihak yang berperan dalam memberikan solusi atau membantu menyelesaikan permasalahan, serta cara-cara inovatif yang digunakan Sampaikan bagaimana warga menjalankan inovasinya, bagaimana pengelolaannya atau pengaturan waktu dan sumber dayaSumber daya pendanaan Sumber daya manusia
6. Hasil/ capaian Informasi tentang perubahan yang terjadi atau hasil yang dicapai setelah upaya-upaya di atas (nomor 5) dilakukan, serta bagaimana upaya-upaya tersebut dapat menjawab tantangan yang disebutkan di nomor 3.
7. Pembelajaran Hal-hal penting (pembelajaran) yang dapat diambil atau dijadikan rujukan bagi proses pembelajaran selanjutnya atau perbaikan ke depan, berdasarkan proses penyelesaian masalah (upaya-upaya) yang telah dilakukan; Baik menyangkut cara/sistem kerja, manajemen waktu atau individu, dan lain-lain.
8. Rekomendasi Berdasarkan pengalaman yang dialami saat menjalankan kegiatan, kesulitan apa saja yang mungkin dihadapi saat menjalankan kegiatan tersebut dan hal-hal apa saja yang dapat dilakukan, perlu atau justru jangan dilakukan;
9. Ilustrasi/ photo Foto yang menggambarkan dinamika atau kegiatan yang berlangsung Foto tokoh/pihak-pihak yang diceritakan di nomor 5. Foto kondisi awal dan akhir, jika ada. Hindari foto berpose dalam group (wefie) atau selfie.
10. Kontak Informasi Nama, institusi, alamat, telepon, dan email narasumber

Capturing Pedoman Capturing

Demikian panduan capturing atau paenangkapan inovasi PID